Pecatur Grandmaster Indonesia Sindir Dewa Kipas Gunakan Cheat
By Numanza Inc.

Polemik Dewa Kipas Gunakan Cheat Dianggap Bermain Curang

Numanza.Inc - Bermula dari sanggahan sang anak melalui akun media sosial miliknya mengenai akun Dewa Kipas yang dianggap gunakan cheat dalam sebuah pertandingan catur online di chess dot com melawan GothamChess.

Polemik kecurangan Dewa Kipas gunakan cheat berlanjut hingga pecatur Grand Master Indonesia, Irene Kharisma Sukandar sindir Dewa Kipas bermain curang.

Berdasarkan dari informasi yang dihimpun oleh tim redaksi terkait polemik Dewa Kipas, PB Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) menemukan kejanggalan dalam grafik permainan dan akurasi langkah Dewa Kipas selama bermain di Chess dot com.

Baca Juga: Rurouni Kenshin "The Final / The Beginning" Sekuel Film Batousai

Kejanggalan yang dimaksud adalah grafik permainan Dewa Kipas yang stabil di puncak, dengan presentase rata-rata akurasi langkah mencapai 90 - 99%.

Menurut PB Percasi, data ini tidak normal. Bahkan grafik permainan pecatur hebat sekalipun pasti naik-turun dengan batas bawah dan atas rata-rata akurasi langkah pasti lebar.

Dianggap Bermain Curang, Irene Kharisma Sindir Dewa Kipas

Pecatur Grandmaster Indonesia, Irene Kharisma Sukandar menyebut perilaku bermain curang yang dilakukan oleh Dewa Kipas telah mempermalukan alter atlet catur Indonesia.

Kemenangan Dewa Kipas atas pecatur Amerika Serikat, IM Levy Rozman a.k.a GothamChess dalam pertandingan catur online di chess dot com menjadi polemik dan mencoreng pecatur Indonesia yang mebuat hati saya gundah. Tutur Irene ketika dikonfirmasi CNN Indonesia, Senin (15/3).

Irene Kharisma bertekad meluruskan situasi dalam polemik Dewa Kipas yang dianggap bermain curang. Tak banyak memberikan komentar, pecatur grandmaster wanita itu hanya menyebut polemik Dewa Kipas ini mencoreng catur tanah air di kancah internasional. Seperti yang dikutip dari Sport Detik.

Surat Terbuka Irene Kharisma Sukandar

Melalui unggahan surat terbuka di akun twitternya, pecatur grandmaster Irene Kharisma mengungkapkan kegundahan hatinya. "Polemik ini sudah merugikan banyak pihak, dan kepopuleran yang didapat tidak sebanding dengan rasa malu saya dan teman-teman pecatur profesional lainnya dimata dunia percaturan internasional." Begitu penuturan Irene seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Mendapat respon dari surat terbuka yang diunggahnya, akhirnya Irene diundang ke podcast Dedy Corbuzier pada Rabu (16/3) untuk meluruskan situasi polemik Dewa Kipas yang bermain curang dengan dampak terhadap percaturan Indonesian di kancah internasional.

Bagaimanakah akhir dari polemik Dewa Kipas yang dianggap bermain curang gunakan cheat ketika melawan GothamChess pada pertandingan catur online di chess dot com? Dont miss it!


Dikutip dari: berbagai sumber.