Langkah Tepat Menentukan Pasangan Hidup
By Numanza Inc.

Ketahui Langkah Tepat Memilih Pasangan Hidup

Memilih seorang pendamping hidup, merupakan langkah yang harus dilakukan setiap orang dalam menentukan pasangan hidup sebelum Anda benar-benar menikahi atau menikah dengannya.

Menikah merupakan hak bagi setiap orang dan kewajiban yang harus ditunaikan, akan tetapi apakah kalian sudah saling mengenal satu sama lain? dan apakah Anda yakin bahwa Anda sudah mengambil langkah tepat saat memilih pasangan untuk hidup Anda?

Kendalikan Perasaan Saat Menentukan Pasangan Hidup

Tidak ada salahnya Anda mengenal pribadi seseorang yang akan Anda jadikan calon pedamping. Ta'aruf merupakan salah satu langkah tepat yang bisa diambil ketika ingin mengenal seseorang, namun bukan berarti Anda sepenuhnya dilarang untuk mengenal pribadinya secara langsung. Karena dalam menentukan pasangan yang akan mendampingi hidup Anda bukan seperti "memilih kucing dalam karung."

• Tips Khusus Mengatasi Gagal "Move On" Dari Orang Yang Anda Cintai

• Tips Khusus Mengatasi Gagal "Move On" Part II

Hal yang perlu diingat adalah, buang jauh-jauh pemikiran seperti pernyataan berikut ini : "Menentukan orang yang tepat sebagai pasangan hidup, akan menentukan seberapa bahagia kehidupan pernikahan Anda nantinya." Faktanya, kebahgiaan tidak dapat diukur dari segi materi atau seberapa tampan/ cantik pasangan Anda, akan tetapi kembali pada ahlak dan budi pekerti satu sama lain. Takdir tetaplah takdir, bahagia atau tidaknya kehidupan setelah nikah merupakan hal yang harus dijalani dan dihadapi bersama.

Ini bukan lagi hal percintaan semu atau cinta monyet, sebuah pernikahan adalah hal yang sakral dan bukan untuk main-main karena kehidupan berumah tangga terdapat tantangan yang harus siap dijalani dan dihadapi bersama baik dari segi financial, emosional, dan hal-hal lain. Kendalikan rasa cinta Anda, jangan biarkan rasa cinta Anda membutakan akal serta pikiran sehat Anda.

Mempertimbangkan dalam hal ini, perlu dilakukan bukan berarti terlalu banyak memilih. Karena setiap dari keputusan Anda, akan menjadi takdir hidup Anda yang harus dijalani dan dipertanggung jawabkan secara bersama-sama.

Relationship is bond of trust and mutual understanding

Mendapatkan Yang Terbaik Sebagai Pasangan Hidup Adalah Hak Setiap Orang

Selanjutnya, seperti apa langkah tepat yang harus kita ketahui dalam memilih dan menentukan sebagai pasangan hidup? Setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan yang terbaik sebagai pendamping hidup. Berhati-hati serta tidak perlu tergesa-gesa menentukan calon pasangan hidup kita. Bukan berarti menjadikan kita sebagai orang yang terlalu banyak memilih.

Kemudian kenali diri Anda sendiri terlebih dahulu sebelum mencari tahu tentang bagaimana kehidupan dia. Kenali seperti apa karakter dan sifat Anda untuk mengetahui pasangan seperti apa yang nantinya dapat saling mengimbangi diantara karakter dan pribadi masing-masing. Tidak pula diartikan mencari seseorang yang memiliki sifat dan karakter yang sama.

Mencari kesamaan sifat dan karakter pasangan bukan hal yang dilarang, bukan pula hal yang wajib dilakukan. Perlu digaris bawahi bahwa, pernikahan adalah menyatukan dua insan yang berbeda dari jenis kelamin, karakter, sifat, bahkan suku maupun budaya serta ras. Dari perbedaan yang nyata itu lah Anda dituntut untuk tetap menyatukan rasa, menyatukan ego, menyatukan pemikiran bahkan dalam hal prinsip sekalipun harus ada yang mengerti dan mengalah.

Yang menjadi pertanyaan, apakah Anda ingin hidup bahagia dengan pasangan Anda? Apakah Anda ingin memiliki hubungan rumah tangga yang selalu harmonis? Ini merupakan bagian dimana Anda dituntut untuk menjadi lebih dewasa dalam berpikir, serta dewasa dalam mengambil sebuah keputusan.

Hal Yang Tidak Dapat Kita Pungkiri

Saat Anda masih remaja, awal dari sebuah perkenalan Anda dengan seseorang yang hingga membuat hati Anda berbunga-bunga atau mendatangkan perasaan dag-dig-dug ketika berhadapan dengannya, Anda pasti begitu yakin dan bersemangat bahwa dia lah yang terbaik untuk Anda. Seiring beranjaknya usia serta cara berpikir, tentunya hal tersebut tidak dijadikan prinsip dalam mengambil keputusan menentukan pedamping pada saat dewasa sekarang ini.

Pengalaman serta pemahaman seseorang tentunya berbeda ketika saat remaja dengan kedewasaan Anda saat ini. Tentukan pilihan Anda, pahami karakter dan sifat Anda agar tahu seperti apa pasangan yang dapat mengimbangi pribadi Anda demi kebahgiaan serta keharmonisan kehidupan rumah tangga yang Anda inginkan.

Jangan bagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda jika tidak bermanfaat.

Dikutip dari : Berbagai sumber dan curhat seseorang