8 Rahasia Manfaat Kurma Yang Belum Orang Tahu
By Numanza Inc.

Khasiat Tersembunyi Pada Kurma Yang Belum Orang Tahu

Buah Populer Dari Pohon Palm

Numanza.Inc - Kurma adalah buah dari pohon palm, yang tumbuh di banyak wilayah tropis belahan dunia. Buah ini begitu populer bahkan tidak mungkin ada yang tidak mengenal buah kurma.

Hampir semua kurma yang terjual di negara-negara barat adalah kurma yang dikeringkan. Anda dapat mengetahui apakah kurma dikeringkan atau tidak berdasarkan penampilannya. Bergantung pada varietas, kurma segar cenderung ukurannya kecil dengan rentang warna dari merah hingga kuning cerah. Kurma Medjool dan Deglet Noor merupakan jenis kurma yang paling umum dikonsumsi.

Selain "kresss" dengan rasa manis yang khas, kurma juga memiliki beberapa nutrisi penting dan berbagai manfaat serta kegunaan. Redaksi numanza akan membahas khasiat tersembunyi pada kurma yang belum orang tahu pada artikel kali ini.

1. Kandungan Nutrisi

Kurma memiliki nutrisi yang sangat baik. Karena sudah dikeringkan, kalorinya lebih tinggi daripada buah kurma segar. Kandungan kalori pada buah kurma, hampir sama dengan buah lain sejenisnya seperti kismis dan buah ara.

Sebagian besar kalori yang terdapat di dalam buat kurma berasal dari karbohidrat, dan sisanya berasal dari protein yang sedikit. Meskipun demikian, kurma juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting selain sebagian besar serat di dalamnya.

3.5 Ons Nutrisi yang tersedia per 100 gr adalah sebagai berikut:

- Kalori: 277

- Karbohidrat: 75 gram

- Serat: 7 gram>

- Protein: 2 gram

- Kalium: 20% dari RDI

- Magnesium: 14% dari RDI

- Tembaga: 18% dari RDI

- Mangan: 15% dari RDI

- Besi: 5% dari RDI

- Vitamin B6: 12% dari RD

Kurma juga memiliki antioksidan yang sangat tinggi, yang berkontribusi memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan.

Kesimpulan : Kurma kaya akan vitamin dan mineral selain serat dan antioksidan. Namun karena kurma termasuk dalam buah kering, menjadikan kurma memiliki kalori yang tinggi.

2. Tinggi Akan Serat

Dapatkan cukup serat yang penting untuk kesehatan Anda secara maksimal. Dengan hampir 7 gram serat dalam porsi 3.5 ons, Mengkonsumi kurma dalam diet Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan serat bagi tubuh Anda.

Serat juga bermanfaat bagi pencernaan Anda yang dapat mencegah sembelit serta memperlancar proses BAB.

Kemudian, serat dalam kurma bermanfaat mengontrol gula darah yang dapat membantu mencegah peningkatan kadar gula dan darah setelah makan. Kurma dapat menjadi solusi bagi Anda yang mengalami masalah gula darah tinggi. Dalam hal ini, kurma memiliki indeks glikemik rendah (GI), yang mengukur seberapa cepat gula darah Anda meningkat setelah memakan makanan tertentu.

3. Mengandung Antioksidan Yang Tinggi

Kurma menyediakan antioksidan yang memiliki sejumlah manfaat yang ditawarkan, termasuk mengurangi risiko beberapa penyakit.

Antioksidan melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh Anda dan menyebabkan penyakit.

Dibandingkan dengan jenis buah yang serupa, buah ara dan buah prem, kurma memiliki antioksidan tertinggi dari keduanya. berikut ini ikhtisar dari tiga antioksidan paling kuat yang terdapat pada buah kurma.

  • Flavonoids: Adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan serta memiliki potensi untuk mengurangi risiko diabet, penyakit Alzheimer dan beberapa jenis kanker.
  • Carotenoid: Carotenoid terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan yang berhubungan dengan mata, seperti degenarasi makula
  • Asam Fenolat: Dikenal karena anti-peradangannya. Asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Kesimpulan : Kurma mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu mencegah perkembangan penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung, kanker, Alzheimer dan diabetes.

4. Menjaga kesehatan otak

Mengkonsumsi kurma dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Berdasarkan penelitian di laboratorium telah ditemukan kegunaan kurma yaitu untuk menurukan penanda inflamasi seperti interluki 6 (IL-6) di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegenaratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer.

Selain itu, setelah dilakukan penelitian pada hewan, telah menunjukkan bahwa kurma berguna untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid yang dapat membentuk plak di otak. Ketika plak menumpuk di otak, mereka dapat mengganggu komunikasi antar sel-sel otak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak dan penyakit Alzheimer.

Suatu penelitian yang dilakukan juga ditemukan bahwa tikus putih yang diberi makanan yang dicampur dengan kurma memiliki memori serta kemampuan belajar yang lebih baik, dan mengurangi perilaku rasa cemas dibandingkan mereka yang tidak memakannya.

Sifat-sifat penguat otak yang bepotensial berasal dari kurma telah dikaitkan dengan kandungan antioksidan yang diketahui dapat mengurangi peradangan, termasuk flavonoid. Akan tetapi penelitian pada manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi peran kurma dalam kesehatan otak.

Kesimpulan : Kurma bermanfaat untuk menurunkan peradangan dan mencegah plak yang terbentuk di otak serta yang terpenting untuk mencegah penyakit Alzheimer.

5. Memberikan tenaga secara alami

Telah dipelajari juga bahwa kurma dapat mengurangi waktu proses persalinan pada wanita hamil. Hal ini dapat dibuktikan jika mengkonsumsi kurma selama beberapa minggu terakhir masa kehamilan dapat menigkatkan dilatasi serviks dan mengurangi atau menurukan induksi yang dibutuhkan untuk proses persalinan.

Dalam sebuah penelitian, 69 wanita yang mengkonsumsi enam buah kurma selama empat minggu sebelum jatuh tempo, memiliki kemungkinan 20% melakukan persalinan secara alami dan sedikit waktu yang dibutuhkan pada saat proses persalinan daripada wanita yang tidak mengkonsumsi kurma sebelumnya.

Studi lain mengatakan 154 wanita hamil yang mengkonsumsi kurma jauh lebih kecil kemungkinannya untuk diinduksi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kurma.

Studi ketiga menemukan hasil serupa pada 91 wanita hamil yang mengkonsumsi 70-76 gram kurma setiap hari mulai minggu ke-37 kehamilan, mereka dapat memiliki tenaga secara aktif untuk rata-rata empat jam lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengkonsumsi kurma.

Meskipun dengan mengkonsumsi kurma dapat membantu proses persalinan dan mengurangi durasi persalinan, diperlukan lebih banyak penelitian lain untuk mengkonfirmasi efek ini.

Peran buah kurma terhadap wanita hamil kemungkinan karena senyawa yang mengikat reseptor oksitosin dan muncul untuk meniru oksitosin dalam tubuh. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi persalinan saat melahirkan.

Selain itu, kurma juga mengandung tanin, merupakan senyawa yang ditunjukkan untuk membantu memfasilitasi kontraksi. Itu juga merupakan sumber gula alami dan kalori yang baik yang diperlukan untuk mempertahankan tingkat energi selama persalinan.

Kesimpulan : Kurma dapat meringankan dan memudahkan persalinan alami untuk wanita hamil ketika dikonsumsi selama beberapa minggu terakhir masa kehamilan.

6. Pemanis Alami Yang Luar Biasa

Kurma merupakan sumber fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Untuk alasan ini, kurma sangat manis dan juga memiliki rasa seperti karamel yang lembut. Karena nutrisi, serat, dan antioksidan yang diberikan buah kurma, mereka menjadi pengganti gula putih yang bagus dalam sebuah resep makanan.

Cara terbaik menjadikan kurma sebagai pengganti gula putih adalah dengan membuat pasta kurma. Campurkan kurma dengan air, kemudian diblender. Aturan praktis mengganti gula dengan pasta kurma adalah dengan rasio 1:1. Misalnya; Jika sebuah resep meminta satu cangkir gula, maka Anda menggantinya dengan satu cangkir pasta kurma.

Catatan : Meskipun kurma memiliki serat dan tinggi akan nutrisi, kurma juga masih terbilang tinggi akan kalori dan solusi baiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang.

7. Potensi Manfaat Lain Bagi Kesehatan

Kurma telah diklaim memiliki beberapa manfaat lain bagi kesehatan yang belum diteliti secara luas.

  • Kesehatan Tulang : Kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Semua potensi ini telah dipelajari untuk mencegah kondisi tulang seperti osteoporosis. Dapat dibayangkan jika Anda gemar mengkonsumsi kurma dalam jumlah yang cukup saat muda, Anda akan dapat memiliki kemungkinan masa tua yang menyenangkan.
  • Pengontrol Gula Darah : Kurma memiliki potensi untuk membantu regulasi gula darah karena indeks glikemik rendah, serat dan antioksidan. Dengan demikian, maka dengan mengkonsumsi kurma dapat membantu Anda memanajemen diabetes dengan baik.

Meskipun menjanjikan potensi manfaat kesehatan, kita perlu melakukan banyak studi agar dapat membuat kesimpulan lebih lanjut.

Kesimpulan : Kurma telah diklaim dapat meningkatkan kekuatan tulang dan membantu mengontrol gula darah, namun efek ini memerlukan studi lanjutan untuk dapat mengetahui manfaat kurma secara maksimal.

8. Sebagai Menu Diet Anda

Kurma sangatlah serbaguna, dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat camilan lezat. Kurma kerap dikombinasikan dengan makanan lain seperti almond, selai kacang dan keju.

Oleh karena karakternya yang lengket, kurma digunakan sebagai pengikat pada makanan yang dipanggang seperti kue dan bar. Anda juga dapat menggabungkan kurma dengan kacang dan biji-bijian untuk camilan sehat.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kurma untuk mempermanis saus, seperti salad dressing dan bumbu-bumbu atau memadukannya ke dalam smoothie dan oatmeal.

Sebagai catatan, bahwa kurma adalah buah dengan kalori yang tinggi dan rasa manisnya membuat pengkonsumsi ketagihan. Dalam hal ini, paling baik dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Kesimpulan : Ada banyak cara mengkonsumsi kurma, Anda dapat mengkreasikannya dalam berbagai hidangan makanan menarik serta menggugah selera yang kaya akan nutrisi dan manfaat baik di dalamnya.

Hal Yang Wajib Digaris Bawahi

Kurma adalah buah yang sangat sehat jika dimasukkan ke dalam menu diet Anda. Kurma kaya akan nutrisi, serat dan antioksidan, yang semuanya dapat memberikan manfaat kesehatan mulai dari pencernaan yang lebih baik hingga penurunan risiko beberapa jenis penyakit.

Kesehatan selalu menjadi prioritas utama Anda, jadikan rahasia manfaat kurma yang belum orang tahu sebagai ilmu pengetahuan baru dan informasi yang bermanfaat serta bagikan kepada rekan famili yang Anda cintai agar tetap sehat dengan mengkonsumsi kurma yang cukup.

Source: Berbagai sumber.