Cara Lengkap Mengisi Informasi Pajak Adsense Pemotongan Pajak 0%
By Numanza Inc.

Klaim Tax Treaties Pemotongan Pajak 0%, Begini Cara Mengisi Informasi Pajak Adsense

Numanza.Inc - Sudah tahu kah Anda bahwa Google memperbaharui kebijakan kepada pengguna Google Adsense untuk mengisi informasi pajak agar mendapatkan potongan pajak 0%.

Pembaruan kebijakan tersebut berkaitan erat dan sangat berpengaruh terhadap kebijakan bisnis di Amerika Serikat, sehingga meminta pengguna Google Adsense dapat mengisi informasi pajak secara lengkap guna mendapatkan manfaat yang lebih efektif dari penghasilan mereka.

Baca Juga: Bikin Film Konfabulasi Pakai Smarthphone, Begini Akting Dian Sastro

Kenapa Harus Mengisi Informasi Pajak?

Dengan mengisi informasi pajak, kemudian apabila Anda memenuhi syarat & ketentuan sesuai kebijakan yang diterapkan di Google Adsense maka Anda dapat memperoleh pemotongan pajak lebih rendah dari penghasilan Anda hingga 0%.

Anda diwajibkan mengisi formulir ini agar Google dapat mematuhi kewajibannya berdasarkan Internal Revenue Code Amerika Serikat ("AS") Pasal 1441 (Bab 3) dan 3406.

Formulir ini digunakan untuk mengidentifikasi tarif pemotongan/pemungutan pajak yang benar atas pembayaran yang dilakukan kepada Anda, jika pemotongan/pemungutan berlaku untuk pembayaran di masa yang akan datang.

Apa Yang Terjadi Bila Tidak Mengisi Informasi Pajak

Jika pemotongan/pemungutan berlaku, tarif potong/pungut pajak yang sesuai untuk pembayaran di masa mendatang akan teridentifikasi setelah formulir diisi.

Jika formulir ini tidak diisi, pemotongan/pemungutan pajak berdasarkan Bab 3 kemungkinan akan berlaku atau potongan/pungutan cadangan hingga 30% akan dikenakan terhadap penghasilan Anda di masa mendatang.

Cara Lengkap Klaim Tax Treaties Dengan Mengisi Informasi Pajak

1. Login ke akun Google Adsense Anda.

Jika Anda tidak memiliki akun Google Adsense atau belum diterima untuk monetisasi, maka Anda tidak dapat mengisi informasi pajak untuk penghasilan Anda.

2. Pada dashboard Google Adsense perhatikan bilah tab menu sebelah kiri kemudian pilih "Pembayaran" > "Kelola Setelan."

3. Scroll ke bawah klik tombol "Tambahkan Info Pajak" apabila Anda belum melakukannya dan klik icon pensil pada "Info Pajak Amerika Serikat" > "Kelola Info Pajak" jika ada ingin merubah formulir yang pernah dikirim.

4. Tahap pertama pengisian formulir, Google Adsense akan meminta Anda memasukan informasi jenis akun, Perorangan atau Entitas (Organisasi/Perusahaan).

5. Pilih "Ya" apabila Anda warga negara Amerika Serikat, dan "Tidak" apabila Anda warga negara selain Amerika Serikat.

6. Pada tahapan berikutnya Anda diminta untuk memilih jenis formulir perjanjian pajak (Tax Treaties) yang akan digunakan. Pilih W-8BEN agar Anda dapat memanfaatkan Tax Treaties dengan pemotongan pajak 0% atas penghasilan Anda, kemudian klik "Memulai Formulir W-8BEN"

7. Setelah berada pada laman formulir, isikan identitas Anda, negara asal, beserta nomor NPWP pada kolom TIN asing. (lihat gambar).

8. Lanjutkan dengan pengisian alamat lengkap tempat tinggal tetap Anda sesuai KTP/Paspor/SIM serta alamat surat menyurat yang diinginkan (Dapat dipilih jika ingin disamakan alamat tetap).

9. Pada bagian "Perjanjian Pajak" (Tax Treaty), pilih "Ya" dan Indonesia untuk negara asal jika Anda ingin mendapatkan manfaat Pemotongan/Pemungutan paling rendah atas penghasilan Anda. (lihat gambar).

10. Berikan semua checklist pada perjanjian "Tarif dan Ketentuan Khusus," pilih pasal dengan pemotongan/pemungutan pajak paling rendah pada tiap-tiap kolom perjanjian layanan Anda, lalu klik berikutnya. (lihat gambar).

11. Lakukan (pratinjau) masing-masing dokumen form W-8BEN versi pdf nya untuk memastikan bahwa formulir telah diisi dengan lengkap dan benar, kemudian berikan checklist bahwa Anda menyatakan telah melakukan pratinjau dokumen tersebut dan klik "Berikutnya."

12. Berikan tanda tangan dengan mengisinkan nama lengkap resmi Anda pada tahapan "Sertifikasi" lalu pilih "Ya" kemudian klik "Berikutnya."

13. Pada tahap "Aktivitas dan Layanan", pilih "Ya" untuk memastikan bahwa konten Anda yang ditayangkan di AS akan tetap dibayarkan oleh Goole Adsense dengan pemotongan pajak paling rendah sesuai klaim Anda pada point 10 di atas.

14. Terakhir, Anda diminta untuk meberikan pernyataan dengan memilih "Saya memberikan infromasi pajak untuk profil pembayaran baru atau yang sudah ada yang belum menerima pembayaran." (Disarankan bagi pengguna baru yang belum pernah menerima gaji dari Goole Adsense). Opsi kedua hanya untuk akun Goole Adsense yang pernah menerima gaji dan belum mengisi informasi pajak. Dan jangan lupa klik "KIRIM" untuk menyelesaikan proses mengisi informasi pajak.

Memastikan Informasi Pajak Telah Disetujui

Setelah semua langkah di atas dan proses telah selesai, pastikan kembali bahwa akun Goole Adsense telah disetujui untuk mendapatkan pemotongan/pemungutan pajak paling rendah dari penghasilan akun Anda seperti pada tampilan gambar berikut.

Selain melengkapi infromasi pajak di Goole Adsense, tujuan mengisi form informasi pajak pada artikel ini adalah untuk mendapatkan klaim "Tax Treaties" atau P3B yang bertujuan untuk menghindari pengenaan pajak berganda dan pertukaran informasi.

Semoga artikel cara lengkap mengisi informasi pajak ini bermanfaat, dan jangan lupa bahagia.

Older Post Home
Komentar