Tips Sederhana Cara Mencegah Maling Motor
By Numanza Inc.

Ketahui Tips dan Trik Mencegah Pencurian Motor

Maling motor, yang kita ketahui kerap dilakukan oleh satu orang bahkan sekelompok orang dalam waktu yang relatif singkat agar tindakan mereka berhasil dan tidak tertangkap oleh korban atau masyarakat sekitar.

Tindakan pencurian motor dapat terjadi dengan berbagai macam penyebab seperti; kelalaian pemilik kendaraan, korban yang sudah menjadi target pencurian, mungkin bisa terjadi juga karena adanya kesempatan.

Maling motor dalam melakukan aksinya, seperti sudah memperhitungkan situasi yang tidak dapat diprediksi oleh korbannya. Oleh sebab itu, kita harus memulainya dari kewaspadaan diri terlebih dahulu dengan cara mencegah maling motor menggunakan beberapa tips dan trik yang dapat kita ketahui pada artikel ini.

Tips dan Cara Sederhana Mencegah Pencurian Motor

Untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap tindakan pencurian motor, ada banyak hal yang dapat dilakukan yaitu dengan beberapa tips dan trik sederhana berikut ini :

Mencegah Maling Motor Dengan Teriak "Maling!"

Hal ini dapat dilakukan secara spontan apabila mengetahui secara langsung tindakan pencurian motor yang sedang dilakukan oleh pelaku pada saat itu juga. Sangat disarankan untuk berteriak sekeras mungkin dan lantang agar warga turut serta dapat membantu menghambat larinya pelaku maling motor.

tips ini mungkin tidak akan bekerja secara efektif apabila maling motor melakukan aksinya pada saat pagi buta sekitar pukul 03:15, waktu dimana pada umumnya orang tertidur sangat lelap dan tak sadarkan diri dengan hal-hal yang gaduh dan mencurigakan pada bagian rumah tertentu yang letaknya berjauhan dengan kamar tidur.

Mencegah Maling Motor Dengan Memasang Kamera CCTV

Penggunaan kamera CCTV terbilang cukup efektif. Apabila kamera dipasang pada tiap-tiap sudut rumah yang memungkinkan, sehingga dapat merekam pandangan dari berbagai sudut ruang untuk memberikan petunjuk ciri-ciri visual pelaku tindakan pencurian maling motor.

Tips sederhana ini dapat dijadikan alat bukti untuk membuat laporan tindakan pencurian motor ke kepolisian agar dapat ditindak lanjuti oleh pihak berwajib dalam mengungkap pelaku maling motor tersebut.

Mencegah Maling Motor Tidak Cukup Dengan Kunci Ganda

Pada banyak kasus di berbagai media, pencurian motor dilakukan oleh profesional atau maling yang memiliki keahlian khusus bukan kaleng-kaleng. Berbagai hal telah dipetimbangkan dan dipersiapkan secara matang sebelum mereka melakukan aksinya agar proses pencurian berhasil.

Tingkat kewaspadaan dan kepedulian terhadap sesuatu yang bernilai yang kita miliki, merupakan faktor utama yang menentukan bagaimana hal-hal yang tidak diingikan seperti tindakan pencurian motor terjadi.

Selain daripada itu, wajib disadari juga bahwa amal perbuatan serta level kesabaran yang dimiliki menjadi target ujian yang diberikan secara langsung oleh Tuhan. Namun bukan berarti pasrah dengan hal tersebut. Langkah penanganan secara dini juga perlu dilakukan untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya aksi maling motor.

Selalu biasakan kunci stang motor dan pastikan bahwa Security lock tertup dengan baik dimanapun kendaraan terpakir. Ini merupakan pengaman bawaan dari pabrik yang dapat sedikit meminimalisir terjadinya pencurian, meskipun pada kenyataannya hal ini tidak 100% efektif menggagalkan aksi maling motor.

Perlu adanya pengamanan berlapis atau kunci ganda, walaupun dapat diasumsikan bahwa maling jauh lebih pintar untuk keberhasilan aksinya.

Pengamanan berlapis yang dapat diterpakan untuk meningkatkan kewaspadaan dalam kondisi apapun, dapat digunakan kunci ganda yang memiliki sensitifitas tinggi daripada kunci ganda biasa.

Alarm Disc Lock, merupakan salah satu kunci gembok yang dipasangkan pada piringan cakram motor yang memiliki alarm dengan sensitifitas tinggi guna mencegah tindakan pencurian yang sedang dilakukan agar tidak 100% berhasil .

Gembok cakram beralarm ini sangat efektif dalam memberikan pengamanan terhadap kendaraan kesayangan yang kita miliki. Selain dapat menghambat tindakan pencurian, bahkan dipastikan juga dapat menggagalkan aksi pencurian dengan alarm yang berbunyi cukup keras yang dapat memberikan efek panic moment pada lingkungan tersebut sehingga pelaku profesional ini tidak akan mengorbankan dirinya jika 10 detik waktu terbuang percuma.



Kesimpulan Sederhana Mencegah Pencurian Motor

Perlunya tingkat kewaspadaan dalam mencegah aksi maling motor merupakan faktor penentu bagaimana hal-hal yang tidak diingikan terjadi.

Wajib disadari juga bahwa amal perbuatan serta level kesabaran yang dimiliki menjadi target ujian yang diberikan secara langsung oleh Tuhan. Namun bukan berarti pasrah dengan hal tersebut. Langkah penanganan secara dini juga perlu dilakukan untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya aksi maling motor.



Dikutip dari : ide hari ini.