Perlunya Free Up Disk Space Pada Windows Terbaru
By Numanza Inc.

Free Up Disk Space Yang Harus Dilakukan Pada Windows Terbaru

Kehadiran Windows 10 Menyediakan Fitur Free Up Disk Space Untuk Memudahkan Penggunanya

Numanza.Inc - Pada umumnya yang masyarakat sudah ketahui, Windows 10 menyediakan beberapa fitur untuk memudahkan pengguna dan salah satunya adalah alat khusus yang disuguhkan bagi penggunanya untuk mem-free up disk space.

Kemudian hal yang paling menonjol yang diberikan Windows yaitu "Storage Sense" yang secara otomatis bertugas menempatkan kibosh pada temporary files, item recycle bin, dan konten lain yang tidak Anda perlukan.

Update Windows pada 10 April 2018 lalu memperkuat fitur ini dengan bebarapa trik baru. Pada kesempatan kali ini, redaksi numanza akan menjelaskannya untuk Anda.

1. Periksa Storage

Pada menu "Start" pilih pengaturan, kemudian setelah muncul pengaturan display segera pilih "System" kemudian klik "storage." Windows akan menunjukkan jumlah total dari ruang bebas, ruang yang telah digunakan pada disk drive Anda, termasuk hard drive utama maupun disk drive external yang sedang tersambung.

2. Pilih Drive

Klik pada drive tertentu untuk melihat berapa banyak jumlah ruang kosong (disk space) yang diambil oleh file pada konten yang berbeda.

3. Pilih Kategori

Langkah selanjutnya pilih kategori "System & Reserve" untuk melihat spesifikasi konten secara detail agar Anda mengetahui besarnya ruang kosong pada drive (disk space) yang telah terpakai.

4. Aktifkan Sense Penyimpanan

Kembali ke tampilan storage, Ubah sesuaikan "Sense Storage" menjadi aktif sehingga Windows akan bekerja maksimal secara otomatis mengosongkan ruang bila diperlukan secara rutin.

Kemudian dapat Anda lihat dan klik "Change how we free up space automatically" agar Anda dapat menyesuaikan jadwal tertentu kepada Windows untuk melakukan tugasnya.

5. Konfigurasi Jadwal

Sejak peluncuran update Windows April lalu, sekarang Anda bisa menentukan "Storage Sense" sesuai kebutuhan kinerja komputer seperti, pilihan setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, atau bahkan "ketika disk drive hampir penuh."

6. Hapus Temporary File Yang Tidak Digunakan

Selanjutnya, Anda dapat mengontrol Windows untuk melakukan seberapa sering penghapusan temporary file dan item yang tidak digunakan di dalam folder download dll. Interval waktu yang dapat dipilih adalah 1 hari, 14 hari, 30 hari, dan 60 hari.

7. Free Up Space

Kembali lagi ke tampilan storage. Lihat pada pada bagian "Storage Sense," disitu Anda dapat langsung mengklik "Free up space now" untuk segera mengosongan ruang disk.

8. Hapus Installasi Windows Sebelumnya

Windows memindai berbagai temporary file dan konten lain yang dapat dihapus. Berikan checklist pada kolom yang ingin Anda hapus. Pastikan kembali opsi penghapusan "Installasi Windows Versi Sebelumnya," tetapi saat ini menjadi "Delivery Optimazion" sebagai gantinya yang dapat memberikan banyak ruang apabila Anda menghapusnya.

9. Hapus File

Setelah Anda menentukan dengan checklist sebagai tindakan penghapusan file, pada bagian atas layar, Windows menampilkan total ruang yang akan dipulihkan sesuai dengan banyak nya file yang terhapus. Klik tombol hapus file, kemudian kembali ke halaman storage dan lihat berapa banyak ruang yang telah dipulihkan.

10. Ubah Lokasi Penyimpanan Konten Baru

Ini merupakan salah satu fitur yang ditawarjan Windows 10 Jika PC Anda merupakan gudang penyimpanan lebih dari sekedar disk drive. Lanjutkan dengan mengklik "Where new content saved." Anda akan diberikan pilihan untuk mengatur semuanya dengan mudah.

11. Pilih Lokasi Penyimpanan Baru

Anda dapat menentukan lokasi file download untuk penyimpanan aplikasi, dokumen, musik, foto video dll. Tentukan pilihan pada hard disk internal maupun hard disk external sesuai kebutuhan Anda.

Free up disk space wajib Anda lakukan ketika hendak mengkloning hard drive pada disk drive tujuan yang datanya telah Anda back up sebelumnya agar data Anda tetap aman.

Demikian lah beberapa tips perlunya free up disk space pada windows terbaru yang patut Anda coba agar kinerja komputer Anda menjadi lebih maksimal.


Source: Berbagai sumber