Cara Mengimpor dan Menyusun Audiobook Ke iTunes
By Numanza Inc.

Tutorial Mengimpor Audiobook dan Menyusunnya Ke iTunes Library

Menyusun Audiobook Ke iTunes Pada Perangkat iOS

Numanza.Inc - Jika Anda mencari cara mengimpor dan menyusun audiobook ke iTunes pada perangkat iOS, Anda telah menemukan artikel yang tepat.

Anda bisa saja membeli audiobook dari Apple untuk menambah koleksi favorit, tetapi mungkin saja sudah banyak koleksi audiobook yang Anda miliki di CD (Cassete Disc) yang ingin Anda impor juga ke perpustakaan iTunes.

Kedengarannya, seharusnya memang prosedurnya sederhana. Bagaimanapun juga ketika mengimpornya memang lah mudah, namun di sisi lain untuk menyusunnya menjadi masalah.

Anda tidak perlu khawatirkan hal seperti ini. Redaksi kami akan berikan tips nya disini dan Anda hanya perlu ikuti langkah cara mengimpor dan menyusun audiobook ke iTunes dengan benar.

Gagal Menampilkan Gambar Album Sesuai Audiobook

Secara default, audiobook akan terlempar ke Music library bukan masuk ke audiobook library yang seharusnya, dan iTunes sering atau bahkan sudah pasti gagal menampilkan album art (gambar album) yang sesuai ke audiobook yang Anda impor. Namun jangan putus asa, Anda dapat memperbaiki kedua masalah ini jika Anda telah mengikuti caranya.

1. Impor Audiobook Dari CD (Cassete Disc)

Jalankan iTunes. Audiobook Anda mungkin berasal dari beberapa CD. Masukkan CD ke tray CD/DVD player PC Anda, kemudian akan muncul pop up window dengan menampilkan beberapa hasil pencarian yang berasal dari CD Anda. Klik hasil yang paling sesuai dengan nama dan deskripsi Audiobook Anda lalu klik OK.

2. Impor Audiobook Ke iTunes

Ketika muncul pop up baru dengan pertanyaan "Whould you like to import the CD's.... into your iTunes library?" klik "Yes" dan iTunes akan memulai proses pengimporan.

3. Keluarkan Audio CD

iTunes memberitahukan Anda setelah CD selesai diimpor. Klik tombol "Eject" di pojok kanan atas dan tukar CD pertama dengan CD kedua. Ulangi tahapan ini sampai semua CD yang Anda siapkan telah selesai diimpor ke library iTunes.

4. Lihat Hasil Impor

Setelah Anda mengimpor CD terakhir ke audiobook, Anda dapat melihatnya di music library, dapat di filter berdasarkan pencipta maupun dengan mengintip pada bagian "Recently Added Setion."

5. Edit Album Data

Disini lah tantangan untuk memperbaiki masalah dan mengaturnya. Pertama, mungkin Anda tidak menyukai judul yang diberikan untuk masing-masing kolom atau Anda menemukan judul tidak konsisten di seluruh hasil impor. Klik kanan pada salah satu disc yang diimpor kemudian pilih info album dari menu pop up.

Pada bidang untuk album, ubah nama yang ada dengan nama yang Anda gunakan, namun ingat lah untuk menambahkan frase seperti [disc 1] di akhir nama. Jika Anda ingin menggunakan nama yang sama untuk disc lain dalam satu seri hanya ubah nomor disc saja, pilih dan salin seluruh nama dan klik OK.

Klik kanan pada Disc 2 dan pilih info album lalu copy, kemudian paste kan nama disalin ke dalam bidang album dan ubah [Disc 1] ke [Disc 2]. Anda juga dapat mengetik nama untuk artis album, jika tidak ada biasanya berupa "Author."

Saat Anda mengetik beberapa huruf pertama, iTunes akan menyarankan dan menunjukkan kecocokan yang paling potensial. Pilihlah yang sesuai kemudian klik OK. Ulangi proses ini untuk album yang masih tersisa di library.

6. Edit "Title Track Data"

Selanjutnya klik pada setiap disc yang diimpor untuk melihat masing-masing judul setiap lagu. Anda mungkin akan menemukan beberapa lagu dengan "Title" yang salah atau tidak ada "Title" atau bahkan Anda ingin mengubahnya. Klik kanan pada salah satu trek tersebut dan klik pada info lagu dari menu pop up.

7. Mengubah "Title Name"

Pada bidang "Song," ketikan nama yang ingin anda berikan pada lagu tersebut lalu klik OK. Lakukan kembali hal yang sama untuk trek lain yang namanya ingin Anda ubah.

8. Menampilkan "Album Art" Yang Hilang

Setelah proses impor CD selesai, ada kemungkinan Anda melihat lagu tidak menampilkan Album Art yang seharusny ada. iTunes mungkin saja tidak dapat mendeteksi dengan benar, dan Anda harus menemukan solusinya secara manual.

Buka browser baru kemudian lakukan pencarian Album Art dengan keyword yang sesuai dengan lagu tersebut. Jika sudah menemukan gambar yang cocok, klik kanan lalu simpan gambar pada folder komputer Anda.

9. Memilih Album

Kembali lagi ke iTunes. Pilih semua disk yang diimpor untuk audiobooks tersebut, (klik pada disk pertama lalu tahan dengan menekan tombol shift kemudian klik pada disk terakhir). Klik kanan pada salah satu disk kemudian pilih "Get Info" yang terpadat pada menu pop up.

10. Mengimpor "Artwork"

Setelah selesai, klik pada bagian tab "Artwork" kemudian klik tombol untuk menambahkan Artwork. Akan muncul pop up window yang menampilkan file yang tersimpan pada folder di komputer Anda. Temukan dan pilih gambar yang sebelumnya sudah tersimpan.

11. Merubah "Artwork"

Setelah Anda mengimpor "Artwork" dan memilihnya, gambar akan menampilkan "Artwork" yang telah Anda tentukan Klik OK, kemudian iTune akan mengingatkan Anda untuk memastikan kembali perubahan "Artwork" yang terjadi dan klik "Yes".

12. Menampilkan "Artwork"

Jika berhasil, iTunes akan menampilkan Artwrok sesuai disk yang telah Anda impor.

13. Memindahkan Audiobook Yang Diimpor

Jika Anda mengimpor audiobook pada library yang salah, Anda dapat mengubahnya. Untuk memindahkan audiobook yang diimpor ke audiobook library yang tepat, perlu beberapa langkah yang harus Anda ikuti seperti berikut ini:

  • Ubah lah ekstensi untuk setiap lagu,
  • dan pindahkah konten ke folder audiobook Anda.

Agar file musik yang Anda impor dianggap trek audiobook bukan trek musik, Anda perlu merubah ekstensi setiap masing-masing lagu dari m4a ke m4b. Anda dapat melakukannya baik secara manual maupun otomatis dengan menggunakan "File Renamer."

Apabila Anda ingin melakukan tindakan secara manual, cari folder audiobook Anda di iTunes melalui Windows file explorer. Apabila Anda tidak menemukannya, coba lah klik kanan pada salah satu trek lalu pilih "Show in Windows Explorer" pada tampilan panel pop up.

14. Memindahkan File Yang Diimpor

Buka kembali Windows Explorer Anda, temukan folder induk audiobook. Pindahkan folder tersebut dari folder musik ke folder audiobook Anda.

15. Hapus File Dari iTunes

Sekarang Anda perlu menghapus disk di musik library. Pilih semua yang telah diimpor, klik kanan lalu pilih "Delete from Library". Hal ini tidak akan mempengaruhi lagu yang telah Anda pindahkan pada audiobook library Anda.

16. Menambahkan Ke Audiobook Library

Setelah file dihapus, beralih lah ke audiobook library Anda. Klik pada file lalu pilih "Add Folder to Library." Pililh folder untuk audiobook, dan klik "Select Folder."

17. Periksa Audiobook

Audiobook Anda telah selesai ditambahkan ke iTunes Audiobook dengan nama yang sesuai, lokasi, serta sampul album yang pas. Sekarang Anda dapat menikmati lagu-lagu favorit Anda melalui komputer maupun menyinkronkannya ke device iOS yang Anda miliki.

Apakah sudah berhasil dengan yang Anda lakukan? Apabila Anda mengikuti tutorial menyusun audiobook ke library iTunes dengan benar, Anda dipastikan berhasil menerapkannya untuk gadget Anda.

Demikian tutorial mengimpor dan menyusun library ke iTunes yang dapat Anda ikuti, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Dikutip dari: berbagai sumber