Properti Bukan Bentuk Investasi Terbaik, Mengapa?
By Numanza Inc.

Bagaimana Mungkin Properti Bentuk Investasi Terbaik?

Properti Investasi Terbaik?

Numanza.Inc - Mengapa properti bukan merupakan bentuk investasi terbaik?! Mari sejenak kita coba telaah dengan seksama.

Dari sekian banyak jenis investasi terbaik yang ditawarkan di pasar, properti tetap lah menjadi salah satu investasi terbaik. Relatif aman, berpengaruh untuk mendapatkan keuntungan yang fantastis.

Namun, jika kami lihat dari sudut pandang lain, bentuk investasi ini tidak dapat dicairkan sesuka hati seperti dugaan banyak orang. Semisal Anda mengubahnya menjadi uang tunai seketika. Kemudian Anda mecoba melakukan penarikan pada deposito Anda kapanpun bahkan secepat operasional pelayanan Bank.

Tentu saja tidak mungkin mengubah properti menjadi uang tunai dalam waktu semalam. Hal ini tidak dapat kita samakan seperti keinginan Rara Jonggrang yang meminta dibuatkan 1000 candi oleh Bandung Bondowoso, hehe.

Jika Anda berhasil mendapatkan pembeli yang bersedia dengan properti Anda, tetap saja Anda membutuhkan waktu antara tiga sampai dengan enam bulan untuk menyelesaikan transaksi tersebut.

Lalu, apa yang dimaksud Liquiditas? Ini dapat didefinisikan sebagai :

"Seberapa cepat aset dapat dibeli atau dijual di pasar tanpa mempengaruhi harga aset"

Tetapi apakah orang benar-benar memahami pentingnya hal tersebut?!

Pada topik kali ini, redaksi kami ingin menjelaskan secara terperinci berdasarkan narasumber analis properti. Kami akan bahas apakah peningkatan nilai properti Anda akan diterjemahkan menjadi kekayaan nyata atau tidak, marilah simak ulasan selengkapnya.

Bagaimana Memulainya?

Ini adalah bagian khusus yang memberikan kami pelajaran penting untuk sepenuhnya dapat memahami apa itu liquiditas. Tahukan Anda, beberapa tahun lalu, ayah saya membangun sebuah rumah yang di impikannya. Merupakan mahakarya pada masa itu.

Dia menyewa arsitek handal dari Kanada, dan bersama Ibu saya membangun struktur yang indah. Tidak sampai bertahun-tahun lamanya, perusahaan ayah saya melakukan PHK dengan alasan perubahan struktur perusahaan. Jajaran direksi diberhentikan, termasuk ayah saya. Mempertahankan rumah menjadi beban pada akhirnya. Kemudian ayah saya memutuskan bahwa mereka harus menjualnya.

Meskipun mereka tidak senang dalam hal prospek menjual rumah, mereka tidak terlalu khawatir. Mereka tahu bahwa setelah mereka menjual rumah ini, mereka masih memiliki cukup modal untuk membeli bungalow dengan menyisihkan sisanya.

Itu hanya akan menjadi sedikit latihan perampingan. Akan tetapi mereka salah besar, bahkan dua tahun lalu memang tidak terlihat seorang pembeli. Dan saat ini mereka sudah putus asa, rumah itu pun harus dijual dengan kerugian.

Valuasi Memiliki Arti Yang Sederhana

Keuntungan diatas kertas dan keuntungan nyata adalah dua hal yang sangat berbeda dalam dunia investasi. Banyak investor yang tidak menyadari hal ini, walaupun seandainya, hal ini kerap sekali diabaikan.

Semua orang membeli properti dengan harapan bahwa nilai properti akan meningkat. Sebagian besar waktu yang telah terjadi. Tetapi apakah peningkatan nilai propeti Anda benar-benar menerjemahkan pada kekayaan nyata?

Kami mengenal seseorang yang menjual unit apartemennya. Nilai pasar properti pada saat itu adalah IDR 3 Milyar, sedangkan ia memperolehnya dengan harga IDR 2,5 Milyar. Keuntungannya terlihat bagus di atas kertas. Namun, lebih dari setahun berlalu dia tidak bisa menjualnya. Nilai properti itu tidak berarti apa-apa baginya selama itu tetap seperti itu, hanya angka-angka di selembar kertas.

Hingga dia "bisa" menjual unit itu, bahkan dengan nilai IDR 5 Milyar akan sangat kecil kemungkinan baginya. Dan jika situasinya tiba-tiba berubah menjadi buruk dan bank menyita apartemennya, dia mungkin tidak memiliki properti sama sekali dan masih dalam hutang.

Hindari Jebakan Likuiditas

Anda akan dimaafkan jika berpikir bahwa "hanya properti kelas atas yang menghadapi masalah likuiditas" karena hal itu tidak lepas dari kenyataan.

Terlepas dari kenyataan, bahwa dibutuhkan tiga bulan atau lebih untuk menyelesaikan transaksi penjualan properti. Ada banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan yang akan memperpanjang proses penjualan jenis properti apapun.

Misalnya, rumah senial Rp. 350.000.000,- yang terletak di bantaran sungai mungkin sulit dijual karena terletak di sebelah sungai yang rawan banjir, penggusuran dan lain hal. Unit yang menarik dan terjangkau mungkin mustahil untuk dijual karena pernah juga menjadi TKP kasus pembunuhan sadis di dalam rumah tersebut.

Beberapa faktor likuiditas mungkin berada diluar kendali Anda, akan tetapi dengan sedikit perencanaan yang matang, Anda tetap akan dapat dengan mudah untuk menjualnya.

PENTING: Strategi Mengatasi Risiko Likuiditas

Beberapa Tips Untuk Anda

  • Ingatlah bahwa properti tidak terlalu menguntungkan: Jangan pernah merencanakannya hanya untuk mengandalkan keuntungan modal Anda untuk keadaan mendesak. Anda masih perlu memiliki aset yang jauh lebih menguntungkan seperti uang tunai, saham, atau asuransi sebagai cadangan, bukan properti.
  • Rencanakan jalan keluar Anda dengan baik: Ketika Anda membeli properti, ingatlah juga untuk merencanakan strategi alternatif lain. Anda mungkin ingin menjualnya setelah beberapa tahun untuk meningkatkan modal atau membayar biaya pendidikan tersier anak Anda. Apapun alasannya, perlu diketahui juga kapan waktu yang tepat pentingnya merealisasikan keuntungan.

  • Lihat faktor permintaan: Lakukan penelitian secara mendalam sehingga Anda dapat membeli properti yang memang memiliki potensi pemintaan yang kuat. Anda juga harus mempertimbangkan insfratruktur, konektivitas, keterjangkauan serta tata letak properti.
  • Tekankan "Nilai" yang dirasa melebihi nilai pasar: Properti Anda mungkin memiliki nilai pasar sebesar IDR 3 Milyar tetapi jika properti tersebut dianggap tidak berharga karena kondisi lingkungan yang kumuh, Anda mungkin akan menghadapi kesulitan untuk menemukan pembeli yang tepat. Apabila menginvestasikan sejumlah uang di properti Anda untuk mengalokasikan ke tingkat yang lebih layak, Anda tidak hanya menarik pembeli yang sesungguhnya, bahkan Anda dapat menjualnya dengan harga yang sedikit lebih tinggi.

Properti Sangat Tidak Penting

Meskipun tidak ada keraguan bahwa properti merupakan salah satu bentuk investasi terbaik yang dapat Anda pilih, hal penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengelola faktor likuiditas yang menyertainya.

Ini merupakan salah satu kemampuan untuk mengindentifikasi dan menanganinya dengan tepat yang akan membedakan antara "katanya" dan "investasi beresiko."

Penting juga untuk memastikan bahwa Anda menggunakan alat yang akurat dan andal untuk memeriksa kelayakan kredit rumah Anda sebelum Anda berkomitmen untuk apa yang mungkin merupakan salah satu keputusan keuangan terbesar Anda.

Source: Berbagai sumber.