Pemikat Warga Inggris Kunjungi Indonesia
By Numanza Inc.

Mencuri Minat Warga Inggris Kunjungi Indonsia

Masakan Indonesia Memiliki Karakter Yang Khas

Numanza.Inc - Pada acara demo masak yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan promosi pariwisata, ekonomi, seni dan budaya terpadu bertajuk Indonesia Weekend di London, Inggris pada bulan September lalu Chef Degan Saptoadji mengungakpakan "Masakan Indonesia memiliki karakter yang khas, baik dari segi penyajian maupun citarasa."

Acara demo masak tersebut dihadiri oleh lebih dari 100 partisipan yang terdiri dari berbagai kalangan mulai dari para pelajar tata boga di London, praktisi kuliner, hingga awak media setempat.

Demo masak ini digelar berkat kerjasama Kedutaan Besar Republik Indonesia di London dengan institut kuliner Le Codon Bleu London dan Kementerian Pariwisata Indonesia.

Budaya Yang Beragam Menjadikan Kuliner Indonesia Unik

"Budaya yang beraneka ragam menjadikan kuliner Indonesia unik tiada tandingannya," ujar Chef Degan. "Setiap provinsi di Indonesia memiliki ciri khas dalam cara mereka memasak kuliner seperti gado-gado, nasi goreng, dan rendang yang namanya telah mendunia," tambahnya dengan senyum.

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan utama juri Master Chef ini memilih ketiga makanan gado-gado, nasi goreng, dan rendang sebagai makanan untuk didemonstrasikan kepada para peserta undangan.

Penting bagi para peserta untuk mengetahui berbagai bumbu dasar, agar bisa mahir mempraktikan resep kuliner Indonesia.

"Masakan Indonesia memiliki lima bumbu dasar yang utama yaitu bumbu merah, kuning, hijau, putih, dan juga hitam. Setiap bumbu memiliki arti yang berbeda terutama pada jaman dahulu sebelum kepercayaan agama masuk ke Indonesia," terang Chef Degan.

Menurut Thomas Siregar, Minister Counsellor KBRI London "Jumlah peserta yang mendaftar pada tahun lalu membludak sehingga kami bertekad mengadakan kembali demo masak oleh Chef Degan tahun ini."

Acara demo masak yang diadakan untuk kedua kalinya ini berlangsung dengan lancar: "Sesuai perkiraan, kami sudah antisipasi dengan menambah kapasitas ruangan karena tahun ini peserta yang mendaftar juga sangat banyak," tambahnya.

Selain itu bagi para peserta di luar London tetap dapat mengikuti demo memasak melalui live streaming di akun sosial media KBRI London.

Food & Travel Delahaye menyatakan bahwa acara demo memasak tersebut sangat unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Menurutnya masakan Indonesia itu sebenarnya begitu sederhana dan mudah untuk dipraktikkan, terlebih menggunakan bahan-bahan alami yang menyehatkan.

"Dari cara mempraktikkan resepnya, terlihat bahwa Chef Degan sangat bersemangat dalam mempromosikan healthy eating dan healthy cuisine kepada para peserta," ungkap Delahaye.

Thu Pan, peserta asal Vietnam yang bekerja di BBC World Service di London, mengaku sangat tertarik untuk mempraktikkan resep yang diajarkan oleh Chef Degan.

"Chef Degan telah mengajarkan saya banyak hal baru tentang masakan Indonesia, sangat menarik dan mengesankan!" ungkap Thu Pan. Kemudian Ia pun tergoda untuk berkunjung ke Indonesia dan menyantap berbagai jenis makanan lainnya secara langsung di negara asal masakan ini.

Chef Degan berharap berbagai resep kuliner yang Ia praktikkan bisa menjadi pemikat dan mencuti minat warga inggris kunjungi Indonesia. Ia juga berharap para peserta memperoleh ilmu berharga untuk kemudian bisa mempraktikkannya di rumah, tutupnya. "Mudah-mudahan saya bisa explore lebih banyak masakan Indonesia dilain kesempatan," tutupnya.

Source: Siaran pers KBRI London - 020/PR.PEN/IX/LONDON/2018